Thursday, November 15, 2018

Penjelasan Tentang Tari Piring

Bicara tentang sumatra barat kita tahulah ciri khas disana rumah gadang dan makanan yang memiliki cita rasa yang nikmat, sumatra barat juga dikenal dengan tingkat kebudayaannya pada masa dahulu yang begitu tinggi. beberapa budaya yang ada di Sumatra barat salah satunya adalah Tari Piring.


sedikit penjelasan tentang tari piring agar menambah pengetahuan kita nih guys , Tari Piring adalah  Tarian khas yang dimiliki sumatra barat yang berasal dari tanah minangkabau yang terkenal keindahan dan keuninkannya, kenapa bisa dibilang unik karena Tarian yang satu ini beda dengan tari biasanya guys, tarian ini menggunakan piring yang membuat Tarian ini menjadi lebih unik.

Piring-Piring itu kemudian dipakai untuk menari dengan cara diayun ayunkan dengan gerakan cepat teratur, tari piring ini adalah simbol masyarakat mingkabau. didalamnya tari piring adalah gerakan dasar silat minangkabau atau biasa disebut silek.

awalnya sih tari piring ini merupakan ritual ucapan bersyukur masyarakat terhadap dewa setelah mendapatkan hasil panen yang melimpah,namun setelah masuknya agama islam ke minangkabau , tradisi ini tidak lagi digunakan sebagai ritual ucapan rasa syukur kepada dewa, akan tetapi tari tersebut digunakan sebagai sarana hiburan bagi banyak masyarakat dan ditampilkan pada acara keramaian.

Taian ini biasanya diiringi oleh alat musik telempong dan saluang, jumlah penari biasanya ganjil yang terdiri dari 3 sampai 7 orang penari nih guys, kombinasi musik yang cepat dan gerakan tari yang lincah membuat tari piring ini menjadi lebih menakjubkan, pakaian yang digunakan oleh penari pun haruslah pakaian yang cerah dan nuansanya warna merah dan kuning keemasan.

bukan hanya gerakan spiral pada tarian ini terdapat gerakan gerakan akrobatik yang bisa menambah kesan estetis dalam gerakan tari piring ini. beberapa gerakan tari piring sebagai berikut :

  1. Gerak Mencangkul
  2. Gerak Menyiang
  3. Gerak Pesembahan 
  4. Gerak Memagar
  5. Gerak Menanam
  6. Gerak Melepas Lelah
  7. Gerak Mengambil padi
  8. Gerak Menginginkan Padi 
  9. Gotong Royong
  10. Gerak Menginjak Pecahan
  11. Dll
demikian penjelasan tentang Tari Piring semoga menambah pengetahuan kita tentang budaya yang ada di Indonesia ini ,sekian dari saya tunggu update selanjutnya dari saya.


EmoticonEmoticon