Friday, October 5, 2018

NUSAKAMBANGAN, PULAU PENJARA PALING INDAH DI DUNIA

Pernahkah Anda membayangkan untuk pergi berlibur ke Pulau Nusa kambangan adalah Alcatraz nya Indonesia? Pulau Nusakambangan adalah tempatnya penjara bagi para penjahat terkenal, tahanan politik, pedagang obat bius, teroris dan mereka yang di hukum dalam kasus korupsi tingkat tinggi. 

 Pantai Permisan

Terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, Nusakambangan adalah sebuah pulau yang dikenal sebagai Lembaga Permasyarakatan (Lapas) berkeamanan tinggi di Indonesia.Namun selain sebagai tempat para tahanan tingkat tinggi dipenjarakan, Pulau Nusakambangan sejak tahun 1996 dibuka sebagai pulau tujuan wisata. 

Pulau ini memiliki keindahan satwa liar alami yang sangat memukau. Nusakambangan yang berarti "Pulau Bunga" adalah tempat perlindungan Bunga Wijayakusuma (epiphyllum oxypetalum) yang cantik dan anggun. Bunga Wijayakusuma adalah bunga yang harum dan unik karena hanya mekar sekali dalam setahun dalam kurun waktu beberapa menit di malam hari sebelum kelopaknya mulai turun.

Pantai Ranca Babakan
Pantai Ranca Babakan

Pohon langka lainnya yang dapat Anda temukan di Pulau Nusakambangan adalah Kayu Plahlar (Depterocarpus litoralis). Tetapi sayangnya pohon ini sering di curi untuk dikeringkan karena kualitasnya yang tidak jauh berbeda dengan Kayu Meranti Borneo. Selain itu di pulau ini banyak terdapat hewan langka yang hidup dibawah hutannya yang lebat.

Seperti Anda ketahui bahwa Pulau Nusakambangan terdiri dari dua wilayah yaitu bagian barat dan bagian timur. Bagian barat adalah tempat sebagian besar penjara berada. Namun demikian tempat ini juga memiliki pantai indah yang menakjubkan seperti Pantai Permisan  dengan pasir putihnya yang indah berkilau. Selain Pantai Permisan, Anda juga akan disambut dengan panorama indah Pantai Ranca Babakan, Pantai berpasir putih yang megah dengan beberapa gua alami disekitarnya.

Pantai Teluk Penyu
Pantai Teluk Penyu

Sementara pada bagian timur Pulau Nusakambangan, Pantai Teluk Penyu dan Pantai Karang Tengah, Pantai Karang Pandan dan Pantai Karang Bandung siap memanjakan liburan Anda dengan air lautnya yang jernih serta hamparan pasir putihnya yanng bersih dan lembut. Di pantai-pantai ini Anda bisa melakukan aktivitas berenang, berjemur matahari, snorkeling, diving atau bersantai menunggu fajar di pagi hari untuk menikmati panorama sunrise.

Pantai Karang Pandan
Pantai Karang Pandan

Selain memiliki pantai-pantai cantik mempesona, bagian timur Pulau Nusakambangan lebih mudah untuk di akses. Anda dapat pergi ke Pantai Teluk Penyu dengan beberapa penduduk setempat akan menawarkan Anda perjalanan dengan perahu melintasi saluran yang sempit. Ketika Anda selesai menjelajahi pulau, Mereka akan datang menjemput Anda dengan jadwal yang telah disepakati untuk membawa Anda kembali ke Pantai Teluk Penyu.

Selain dapat menikmati keindahan pantai-pantai Pulau Nusakambangan, .Anda juga dapat menjelajahi sisa-sisa benteng bekas penjajahan Belanda dengan banyak misteri di dalamnya. Jika Anda sedang beruntung, Anda juga bisa menyaksikan beberapa acara budaya yang menarik seperti sedekah laut atau persembahan laut yang diselenggarakan pada setiap tanggal 1 Suro dalam kalender Jawa setiap tahunnya.

Akses Menuju Pulau Nusakambangan

Pulau Nusakambangan dipisahkan oleh Pulau Jawa dengan Selat Segara Anakan. Untuk mencapai pulau ini Anda harus terlebih dahulu sampai ke Kota Cilacap, Provinsi Jawa Tengah melalui Bandara Tunggul Wulung yang berjarak sekitar 9 kilometer dari pusat kota Cilacap. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kapal feri melalui Pelabuhan Loh Manis menuju Pelabuhan Sodong di Pulau Nusa Kambangan.  

Semua wisatawan harus diatur oleh agen perjalanan dan didampingi oleh petugas keamanan sampai maksimal 6 malam tanpa menginap semalam. Untuk akomodasi sebaiknya Anda memesan di Kota Cilacap. Anda juga memerlukan izin khusus dari kantor Polisi setempat untuk memasuki Pulau Nusakambangan.



EmoticonEmoticon