Thursday, October 4, 2018

10 TEMPAT WISATA ALAM TERBAIK DI MAGELANG

Magelang adalah salah satu kota tujuan wisata di Jawa Tengah yang memiliki berbagai keajaiban alam yang sangat indah dan menakjubkan. Kota yang terletak diantara dua gunung (Gunung Merbabu dan Gunung Sumbing) serta dibatasi dengan dua sungai (Sungai Progo dan Sungai Elo) menjadikan daerah ini sangat subur dan hijau.

Di Magelang, Anda dapat menyaksikan keindahan Candi Borobudur, Candi Pawon dan Candi Mendut yang megah atau terus melanjutkan perjalanan yang akan membawa Anda ke situs situs Punthuk Setumbu yang indah, Gereja Rooster di Bukit Rhema, Ketep Pass atau mampir sejenak ke Museum Seni Kotemporer Oei Hong Djien yang dikenal sebagai Museum OHD.

Udara sejuk kota Magelang yang menyegarkan pasti akan membuat Anda nyaman berlibur di kota yang indah ini. Keindahan pegunungan dan lembah nan hijau serta tanah pertanian yang hijau subur akan menyertai sepanjang perjalanan Anda di Kota Magelang.

Berikut 10 Tempat Wisata Alam Terbaik Di Magelang yang patut untuk Anda kunjungi dan nikmati keindahannya saat berlibur ke Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Bukit Punthuk Setumbu

TEMPAT WISATA ALAM TERBAIK DI MAGELANG

Bukit Punthuk Setumbu merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunrise dengan latar belakang Gunung Merbabu. Dari tempat ini Anda juga dapat melihat megahnya Candi Borobudur di pagi hari yang terkurung oleh lautan kabut dan megahnya cahaya sunrise.

Punthuk Setumbu merupakan sebuah bukit setinggi sekitar 400 mdpl yang terletak di gugusan Pegunungan Menoreh. Di tempat ini terdapat rumah panggung, gazebo dan kursi-kursi kayu yang bisa digunakan untuk menanti matahari terbit. Walaupun perjalanan trekking pagi cukup melelahkan, Namun hal tersebut akan terbayar lunas saat Anda menyaksikan panorama sunrise dan sapuan kabut Candi Borobudur yang perlahan terangkat naik seiring munculnya sang fajar di balik pegunungan. Abadikan momen ini dengan kamera favorit Anda, Kami jamin Anda akan berdecak kagum dengan keindahan yang tiada tara ini.

Hutan Pinus Kragilan

TEMPAT WISATA ALAM TERBAIK DI MAGELANG

Mampirlah ke Hutan Pinus Kragilan, tempat ini banyak memiliki spot selfie yang luar biasa indah dengan garis-garis Pohon Pinus yang mengilap di tempat yang subur yang akan memberikan suasana seolah-olah Anda diajak ke hutan di Eropa. Dikelilingi dengan udara sejuk dan dingin berkabut di sepanjang lereng Merbabu, tempat yang bagus yang benar-benar menenangkan jiwa untuk bersantai di antara kekayaan alam kota Magelang.

Gunung Andong

TEMPAT WISATA ALAM TERBAIK DI MAGELANG

Jika Anda berencana berlibur lebih lama di Magelang, Maka Anda harus pergi berlibur ke Gunung Andong. Terletak di Desa Grabag gunung setinggi 1.736 mdpl ini tidak pernah tercatat sebagai gunung berpai aktif. Dengan medan yang cukup landai dengan panorama alam yang sangat mempesona akan mengiringi pendakian Anda selama 3 jam sebelum menuju puncak. Nikmati pemandangan menakjubkan saat Anda mencapai puncaknya dan hirup udara segar pegunungan saat matahari menghangatkan bumi sambil tersenyum diatas lembah nan hijau ini.

Air Terjun Sekar Langit

TEMPAT WISATA ALAM TERBAIK DI MAGELANG

Air Terjun Sekar Langit setinggi 25 meter ini dikenal oleh masyarakat sekitar karena kisah legenda Jaka Tarub dan Nawangwulan yaitu kisah cinta antara manusia dengan seorang peri yang sangat cantik jelita. Air terjun yang cukup curam ini masih sangat alami dan menyegarkan untuk dinikmati. 

Terletak sekitar 30 menit dari pusat kota Magelang dan berada di kaki gunung Telomoyo di Grabag atau di pegunungan yang tertutup oleh pohon pinus dan semak-semak yang cukup lebat, Air terjun ini mudah di akses dari kota Magelang atau dari Salatiga, Provinsi Jawa Tengah.

Air Terjun Kedung Kayang

TEMPAT WISATA ALAM TERBAIK DI MAGELANG

Air Terjun Kedung Kayang merupakan salah satu Tempat Wisata Alam Terbaik Di Magelang yang terlihat masih sangat alami karena berada di lereng Gunung Merapi. Yang menarik dari Air Terjun Kedung Kayang ini adalah Anda bisa melihat keindahan air terjun ini dari atas dan dari bawah. 

Terletak di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, tempat wisata andalan Magelang ini layak untuk Anda kunjungi. 

Arung Jeram Sungai Progo

TEMPAT WISATA ALAM TERBAIK DI MAGELANG

Sungai Progo adalah salah satu Sungai Terbesar Di Jawa Tengah dan juga dikenal sebagai salah satu situs dimana pembangunan Candi Borobudur menggunakan batu-batu besar dari sungai ini. Selain memilik jejak sejarah yang menganggumkan, Sungai Progo juga sangat bagus untuk arena arum jeram.

Terbagi dalam dua kelompok Arum Jeram Sungai Progo yaitu Progo Bawah dan Progo Atas, Anda akan merasakan sensasi yang sedikit berbeda dari dua bagian arum jeram di Sungai Progo.

Progo Bawah dimulai dari jembatan di Desa Klangon dan berakhir di Desa Dekso dengan rute yang berkelak kelok sepanjang 26 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam. Sementara Progo Atas hanya membentang sejauh 10 kilometer dengan waktu perjalanan sekitar 2-3 jam. Kedua spot arum jeram Sungai Progo ini menawarkan tingkat kesulitan yang cukup menantang adrenalin.

Bongkahan batu-batu besar yang tersebar di sepanjang sungai membuat tingkat kesulitan yang cukup tinggi yang hanya dapat dilakukan bagi Anda yang trampil melakukan aktivitas arum jeram. Namun selama dalam perjalanan, Anda akan disuguhkan dengan panorama alam yang sangat cantik menakjubkan.

Bukit Tidar

TEMPAT WISATA ALAM TERBAIK DI MAGELANG

Bukit Tidar adalah salah satu Tempat Wisata Alam Terbaik Di Magelang yang dapat Anda kunjungi dan nikmati keindahannya selanjutnya. Terletak di area Akademi Militer dan terkenal sebagai Paku Pulau Jawa, Selain memiliki panorama alam yang sangat indah mempesona, Di Bukit Tidar juga terdapat beberapa makam dan petilasan leluhur masyarakat Magelang seperti Petilasan Syekh Subakir dari Persia.

Walaupun bukit ini tidak terlalu tinggi, tetapi Anda dapat menikmati udara segar sambil menikmati panorama alam kota Magelang yang mempesona.

Taman Badaan

TEMPAT WISATA ALAM TERBAIK DI MAGELANG

Terletak di Jalan Pahlawan, Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Taman Badaan adalah tempat rekreasi untuk anak-anak. Di taman ini anak-anak Anda diajak untuk melihat-lihat keindahan taman yang tertata rapi sambil melihat patung badak, gajah, jerapah dan lain sebagainya yang pastinya akan mengundang minat anak-anak Anda.

Taman Panca Arga

TEMPAT WISATA ALAM TERBAIK DI MAGELANG

Terletak di tempat tinggal perumahan para pemimpin dan anggota TNI-AD yang berkantor di AKMIL serta dikelingi oleh lima gunung besar seperti Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Merapi  dan Gunung Tidar, tempat ini terkenal dengan nama "Taman Rekreasi Panca Arga". Selain memiliki panorama yang indah serta udara yang sangat sejuk dan menyegarkan, Taman ini difasilitasi dengan berbagai permainan anak dan tank-tank peninggalan zaman Belanda serta meriam-meriam yang digunakan oleh pejuang Indonesia dalam merebut kemerdekaan.

Mampirlah ke Taman Panca Arga untuk menanamkan jiwa kemerdekaan, nasionalisme dan rasa hormat kepada para pejuang kemerdekaan Indonesia yang telah gugur di medan perang untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia ini.  

Ketep Pass

TEMPAT WISATA ALAM TERBAIK DI MAGELANG

Terletak di Puncak Bukit Sawangan (pertengahan antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu) di Desa Ketep Pass adalah salah satu Tempat Wisata Alam Terbaik Di Magelang yang patut untuk Anda kunjungi dan nikmati keindahannya. Berada pada ketinggian 1.200 mdpl dengan luas area sekitar 8.000 meter persegi ini Anda dapat menikmati pemandangan sunrise yang sangat indah dan menakjubkan serta pemandangan indah gunung Merapi dan Gunung Merbabu serta gunung-gunung lainnya di sekitar kota Magelang.

Nah bagi Anda yang berencana melakukan perjalanan liburan di Kota Magelang, Sebaikmya dilakukan pada sekitar bulan Mei. Karena pada waktu itu Anda akan diberi kesempatan untuk menyaksikan prosesi dan Upacara Hari Waisak yang akan dimulai dari area Candi Mendut ke Candi Pawon dengan puncaknya di Candi Borobudur yang megah.

 


EmoticonEmoticon