Wednesday, September 12, 2018

Fasilitas Lengkap, 5 Penjara Ini Paling Mewah Di Dunia


Apa sih yang pertama kali terlintas dalam fikiran kalian jika mendengarkan kata "Penjara" ?
Mungkin kebanyakan dari kalian akan berfikir dinding gelap dan membosankan yang dikelilingi banyak pagar besar, sebuah pagar besar dengan menara bersenjata lengkap.
Atau sebuah tempat terisolasi yang kumuh, bau, berdebu, jorok, dan semua hal buruk pasti ada disana.

Salah satu tujuan dimasukannya para kriminal pelaku kejahatan ke dalam penjara adalah untuk memberikan efek jera agar setelah bebas nanti tidak mengulangi tindak kejahatan yang akan membawanya kembali ke penjara lagi.

Namun, apa jadinya jika para kriminal pelaku kejahatan itu dimasukan ke penjara yang mewah dengan fasilistas lengkap yang mampu memanjakan para nara pidana nya. Apakah hal itu bisa memberikan efek jera kepada mereka ?

Ada beberapa penjara yang justru kebalilan dari penjara pada umumnya, dimana di penjara-penjara ini memiliki fasilitas layaknya hotel bintang lima.
Lalu penjara apa saja sih yang memiliki fasilitas mewah itu ?
Yuk simak ulasan berikut ini.


1. Penjara Bastoy ( Norwegia )


Penjara di Norwegia yang bernama Bastoy memberikan layanan terbaik untuk para narapidana nya.
Penjara ini berada di sekitar 75 km di lepas pantai Oslo Norwegia. Penjara Bastoy menampung berbagai macam penjahat negara seperti kasus pembunuhan, pemerkosaan, hingga kasus narkoba.
Namun setelah dikirim di penjara ini, bukan efek jera yang didapatnya melainkan seperti sedang liburan. Bagaimana tidak, disana terdapat berbagai fasilitas layaknya hotel bintang lima, seperti adanya lapangan tenis, tempat memancing, berkuda, hingga pantai untuk berjemur.


2. Penjara Santa Ana ( California )


Sekilas penjara satu ini terlihat seperti apartemen mewah bergaya minimalis, mereka memberikan fasilitas dengan sarana yang memadai termasuk mengakses alat elektronik mereka.
Tidak cuma itu saja, para narapidana juga bisa menikmati fasilitas seperti ruang nonton, perpustakaan, dan sarana olahraga, menu makanannya pun bisa memilih.
Tapi sayangnya, dengan semua fasilitas mewah tersebut dikenakan biaya mulai dari $75 sampai $125.


3. Champ-Dollon ( Swiss )


Sebenarnya dulu penjara Champ-Dollon ini sangat padat sehingga sering terjadi kerusuhan bahkan narapidana pun sering sakit.
Jadi sejak tahun 2008 lalu, Swiss melakukan renovasi besar-besaran untuk penjara ini hingga menghabiskan dana $45 Miliar.
Dari dana yang begitu besar, akhirnya penjara Champ-Dollon disulap menjadi sangat mewah, dan hanya boleh di tempati 3 orang saja dalam satu ruangan. Selain fasilitas yang memadai, Swiss juga memperhatikan hak asasi manusia.


4. Penjara Halden ( Norwegia )


Di penjara Halden ini narapidana akan mempunyai ruang tahanan yang nyaman agar tidak terasa seperti di dalam penjara.
Setiap 12 sel tahanan juga disediakan dapur, dan ruang makan, serta para narapidana diperbolehkan untuk memasak sendiri di dapur. Dan ada satu fasilitas lagi yang akan disukai narapidana yakni video game.
Belum lagi fasilitas olahraga seperti lapangan basket dan juga lapangan bola bagi para narapidana nya.
Selain itu, ada lagi nih fasilitas yang menurut saya cukup oke, yakni adanya fasilitas ruang rekaman. Jadi untuk para napi yang punya bakat bermusik sangat berguna sih fasilitas mewah yang satu ini.


5. Penjara Sollentuna ( Swedia )


Tidak hanya tampilan luarnya saja yang terlihat mewah, fasilitas didalamnya pun bagaikan hotel bintang lima, apalagi semua narapidana bebas menggunakan fasilitas yang ada di dalamnya.
Meskipun memiliki penjara mewah seperti penjara Sollentuna, ternyata masyarakat Swedia tidak tertarik lo untuk tinggal dan menikmati fasilitas itu.
Buktinya aja penjara ditutup oleh Swedia karena memang tidak ada narapidana yang menghuni nya.
Keren juga ya masyarakat Swedia yang taat dengan peraturan, sampai-sampai penjara mewah saja sepi. Patut di contoh nih ya.


Nahhh, itulah ke-lima penjara paling mewah di dunia dengan fasilitas-fasilitas nya yang sangat memanjakan para narapidana.
Yaaaa, meskipun mewah jangan sampai deh tinggal di tempat seperti itu.


EmoticonEmoticon