Sunday, July 8, 2018

Mengenal Teknologi VAR ( Video Assistant Referee ) Di Piala Dunia 2018

Tim VAR

Mengenal Teknologi VAR Di Piala Dunia - VAR atau Video Asisstant Referee ) adalah teknologi baru yang diterapkan oleh FIFA pada piala dunia 2018 yang berlangsung di Negara Rusia. Sesuai dengan namanyae teknologi VAR ini berfungsi untuk membantu wasit mengawasi jalannya pertandingan dan membantu wasit dalam mengambil keputusan saat berlangsungnya pertandingan lewat rekaman video.

Disebut asisten wasit karena teknologi ini membantu wasit dalam menganalisa pelanggaran di lapangan lewat video-video yang di pasang di lapangan selama pertandingan berlangsung.

Terjadinya pelanggaran sering kali terjadi begitu cepat sehingga luput dari pengawasan wasit yang berada di lapangan. Dengan adanya teknologi VAR, wasit dapat meninjau ulang lewat rekaman video sehingga wasit dapat mengambil keputusan yang lebih tepat.

Menurut FIFA, teknologi VAR ini digunakan untuk empat kejadian, yakni saat terjadi gol, keputusan pinalti, keputusan kartu merah, dan saat wasit hendak menjatuhkan sanksi kepada pemain tertentu.

Tak hanya digunakan untuk meninjau suatu kejadian saja. Teknologi VAR ini juga memiliki kamera 3D yang di gunakan untuk mengawasi garis offside secara virtual.

Wasit menepi ke pinggir lapangan untuk meninjau ulang

Saat terjadi salah satu kejadian di atas, wasit akan memberitahu tim asisten wasit VAR, atau Bisa juga tim VAR yang merekomendasikan wasit bahwa ada insiden yang harus di tinjau ulang.


Saat ada insiden yang harus di tinjau ulang oleh wasit, maka tim VAR akan memberitahukan wasit lewat headsed soal apa yang tampak pada rekaman video. Wasit bisa menerima begitu saja penjelasan dari tim VAR atau memutuskan untuk melihat sendiri video-video tersebut di pinggir lapangan sebelum mengambil keputusan.

Dengan adanya teknologi ini bisa meminimalisir kesalahan-kesalahan wasit dalam mengambil keputusan. Sehingga dalam pertandingan yang berlangsung, wasit bisa mengambil keputusan yang lebih tepat supaya tim yang sedang bertanding tidak ada yang dirugikan oleh keputusan wasit yang kurang tepat.


EmoticonEmoticon