Friday, June 29, 2018

10 TEMPAT WISATA MENARIK DI KABUPATEN FAKFAK, PAPUA


TEMPAT WISATA MENARIK DI KABUPATEN FAKFAK, PAPUA

ReyGina Wisata | Fakfak adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Papua Barat, Indonesia. Wilayah ini terletak di kepala burung, Papua Barat sehingga letaknya sangat strategis dan dapat dicapai dari kota Ambon, Provinsi Maluku, Indonesia. Di Kabupaten Fakfak Anda akan disuguhkan dengan berbagai tempat wisata menarik dan indah seperti wisata budaya, keindahan bawah laut, peninggalan pra sejarah serta keindahan alamnya yang cantik dan memesona untuk dinikmati.

Kabupaten Fakfak dikenal dengan sebutan Kota Pala karena wilayah ini terkenal sebagai penghasil buah Pala. Ada banyak tempat wisata menarik yang dapat Anda kunjungi di kota ini. Anda dapat menikmati pemandangan alam yang pastinya akan meninggalkan kesan pada pengalaman perjalanan Anda di kota Fakfak.

Potensi sejarah dan budaya yang dimiliki Kabupaten Fakfak sangat beragam dan begitu menarik untuk Anda jelajahi. Kabupaten Fakfak sendiri merupakan Kabupaten Tertua di tanah Papua yang memiliki banyak sejarah peninggalan zaman penjajahan Belanda dan Jepang saat terjadinya Perang Dunia II. Selain itu bukti peninggalan zaman prasejarah peradaban kuno masih dapat Anda lihat berupa cap tangan yang berada pada dinding batu pada gugusan pulau karstdi Distrik Kokas.

Berikut 10 Tempat Wisata Menarik Di Kabupaten Fakfak, Papua yang Kami jamin Anda akan betah berlama-lama berlibur ke tempat ini.

1. Air Terjun Maredred

TEMPAT WISATA MENARIK DI KABUPATEN FAKFAK, PAPUA

Air Terjun Maredred adalah salah satu keindahan alam Fakfak yang sangat indah menakjubkan yang dapat Anda nikmati saat berlibur ke Fakfak, Papua. Disini Anda dapat menikmati pemandangan aliran sungai dengan tebing batu yang mengapit dikedua sisinya. Selain dapat menikmati keindahan air terjun, Ditempat ini Anda juga akan disuguhkan dengan panorama kebun pala serta pemandangan hutan hujan tropis Papua dengan aneka kicauan burung yang akan mengiringi perjalanan Anda seperti kicauan Burung Nuri, Burung Kakatua dan juga Burung Cendrawasih.


2. Air Tejun Kayuni

TEMPAT WISATA MENARIK DI KABUPATEN FAKFAK, PAPUA

Air Terjun Kayuni merupakan tempat wisata andalan Kabupaten Fakfak yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Selain memiliki panorama alam yang masih asri dan menakjubkan, tempat wisata ini juga mudah dijangkau dan berada tidak jauh dari jalan utama. sehingga Anda dengan sangat mudah untuk menjangkaunya untuk menikmati keindahan alamnya.

3. Air Terjun Kitikiti

TEMPAT WISATA MENARIK DI KABUPATEN FAKFAK, PAPUA

Air Terjun Kitikiti adalah air terjun yang langsung terjun ke laut dengan keindahannya yang memesona. Selain itu disekitar air terjun terpampang keindahan bawah laut yang sangat indah dengan terumbu karang yang cantik dengan dikelilingi oleh ikan warna warni yang menakjubkan.

Sementara bagi Anda yang hobi memancing, tempat ini juga menawarkan sensasi memancing yang tidak ada ditempat lainnya. Selain memiliki spot memancing yang sangat beragam, tempat ini juga memiliki spot menyelam dan snorkeling.

Berlibur ke Air Terjun Kitikiti pastinya akan memanjakan mata Anda dan menjadi pengalaman yang tak terlupakan seumur hidup Anda.

4. Kali Kuali

TEMPAT WISATA MENARIK DI KABUPATEN FAKFAK, PAPUA

Tempat wisata selanjutnya yang dapat Anda kunjungi saat berlibur ke Kabupaten Fakfak, Papua adalah Kali Kuali, Disini Anda bisa menghabiskan waktu untuk bersantai sambil menikmati suasana alam yang asri dan alami dengan airnya yang jernih dimana Anda bisa berenang didalamnya.

Lokasi Kali Kuali adalah spot dimana bebatuan besar membentuk kolam raksasa dengan kedalaman yang lumayan. Anda bisa berenang diairnya yang jernih dan cukup deras sebelum mengalir ke laut lepas.

5. Kali Ubaidari

TEMPAT WISATA MENARIK DI KABUPATEN FAKFAK, PAPUA

Tempat Wisata Menarik Di Kabupaten Fakfak selanjutnya yang dapat Anda kunjungi adalah Kali Ubaidari. Tempat ini merupakan objek wisata berupa aliran air yang mengalir seperti anak tangga. Air begitu tenang dan dingin akan Anda rasakan saat berendam atau sekedar mandi untuk menyegarkan tubuh Anda. Kali yang berada di Kampung Ubadari, Distrik Kramongmongga, Kabupaten Fakfak, Papua Barat layak untuk Anda kunjungi saat berlibur ke Fakfak. 

Airnya yang jernih, segar dan tempatnya yang sunyi akan membuat Anda nyaman berlibur ke tempat ini.


6. Gugusan Pulau Karst

TEMPAT WISATA MENARIK DI KABUPATEN FAKFAK, PAPUA

Di Kabupaten Fakfak, Anda juga akan disuguhkan dengan Gugusan Pulau Karst yang cantik dan menawan. Disalah satu tebing karang laut Kokas ini terdapat celah dengan sebuah kotak yang terbuat dari semen. Pada kotak tersebut dipenuhi dengan tengkorak dan tulang belulang.

Gugusan pulau ini bukanlah sekedar gugusan pulau, Konon menurut masyarakat setempat tempat ini adalah kuburan atau tempat tidur Putri Laut atau yang biasa juga disebut dengan Hantu Laut oleh masyarakat sekitar.

7. Masjid Tua Patimburak

TEMPAT WISATA MENARIK DI KABUPATEN FAKFAK, PAPUA

Masjid Tua Patimburak adalah sebuah masjid tua bersejarah yang berada di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Masjid ini merupakan salah satu peninggalan sejarah Islam di Pulau Papua dan menjadi salah satu pusat agama Islam di Kabupaten Fakfak.

Masjid yang dibangun pada tahun 1870 ini memiliki keunikan pada arsitekturnya. yaitu adanya perpaduan antara bentuk Masjid dan Gereja. 

8. Gua Jepang Kokas

 TEMPAT WISATA MENARIK DI KABUPATEN FAKFAK, PAPUA

Gua ini merupakan saksi sejarah peninggalan penjajahan Jepang pada masa Perang Dunia II. Gua ini dibuat oleh masyarakat sekitar dengan sistem kerja paksa. Gua yang terletak di Distrik Kokas merupakan basis pertahanan tentara Jepang melawan sekutu pada masa Perang Dunia II.

Jika dilihat dari luar, Kita tidak akan menyangka bahwa tempat ini merupakan sebuah gua persembunyian. Dari luar Anda hanya akan melihat tiga buah bunker pengintai berukuran 4 meter persegi. Namun begitu Anda masuk kedalamnya, Maka Anda akan menemukan gua yang dibangun tepat menghadap laut. Dahulu, setiap kapal sekutu yang merapat di perairan Kokas dapat dipantau dengan sangat mudah oleh tentara Jepang melalui gua ini.

Hingga saat ini Gua Jepang Kokas masih terlihat asli dan tidak ada perubahan berarti kecuali pada pintu pagar di ketiga mulut gua. Pemerintah setempatpun telah menjadikan Gua Jepang Kokas sebagai tempat wisata yang patut untuk Anda kunjungi saat berlibur ke Kabupaten Fakfak, Papua Barat. 

9. Padang Savana Bomberay

TEMPAT WISATA MENARIK DI KABUPATEN FAKFAK, PAPUA

Di Kabupaten Fakfak, Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan bukit padang rumput yang terbentang luas sejauh mata memandang. Jika Anda berminat datanglah ke Distrik Bomberay, Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua, Indonesia untuk menikmati keindahannya.


10. Distrik Kokas

TEMPAT WISATA MENARIK DI KABUPATEN FAKFAK, PAPUA

Kokas adalah sebuah distrik di Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat, Indonesia atau berjarak sekitar 50 kilometer dari pusat kota. Kokas banyak menyimpan peninggalan masa lalu dari peninggalan pra sejarajh hingga sejarah modern Indonesia. Disini juga terdapat Masjid Tertua di Kabupaten Fakfak yaitu Masjid Tua Patimburak. 

Sementara itu didaerah Andamata, Fior, Forir, Darembang dan Goras, Anda bisa menemukan berbagai cap tangan berwarna oker kemerahan yang melekat pada dinding-dinding batu tepi laut. Tempat ini juga dikenal sebagai Situs Purbakala Kokas atau oleh masyarakat setempat disebut Tampurarang. Selain itu ditempat ini juga terdapat gua persembunyian tentara Jepang, Peninggalan masa perang fasifik (1941-1945).   

Nah itulah 10 Tempat Wisata Menarik Di Kabupaten Fakfak yang dapat Anda kunjungi dan nikmati keindahannya. Semoga artikel ini menjadi bahan pertimbangan Anda untuk mengunjungi Kabupaten Fakfak yang indah di tanah Papua, Indonesia. 



EmoticonEmoticon